Subscribe:

Rabu, 16 Februari 2011

Skripsi dah di depan mata

Hmmmm.....
Skripsi udah di depan mata. Ayo semangat biar tahun ini bisa selesai skripsi dan lulus S1
Tahun ini harus jadi tahun terakhir gw di kampus, semester depan gw harus ngajuin skripsi dan mulai dari hari ini gw harus fokus nyicil membuat skripsi, biar ga keteteran nantinya.
Cukup stress karena beberapa sahabat gw dah pada selesai pembuatan skripsinya (doain ya biar gw bisa cepet nyusul) untungnya mereka tetep kasih support ke gw dan bersedia membantu. Lopyu pren :).
Yang pertama gw pikirin sebelum membuat skripsi adalah tema yang mo gw ambil utnuk skripsi gw itu. Karena menurut gw klo temanya dah dapet judul tinggal disesuaikan (itu menurut gw lho :p)
Sempet beberapa kali ganti tema (saking bingungnya). Gw sih pengennya ambil data dari perusahaan dimana gw kerja saat ini biar lebih gampang gitu, lagi pula kan gw lebih mendalami dan lebih tau seluk beluk dalam prakteknya. Jadi ga perlu ribet untuk PKL or riset yang memakan banyak waktu.
Awalnya gw bersikeras ambil tema tentang “pendapatan” maklum di kantor gw kerja tuh agak-agak jelimet klo menyangkut tentang pengakuan pendapatan hehehehe. Tapi tanya beberapa teman seangkatan yang mo skripsi bareng ternyata dah cukup banyak yang ambil tema itu (ga asik ach...) Konsultasi sama para sahabat yang udah lebih dulu menyelesaikan skripsi, akhrinya gw ambil tema tentang "sistem informasi akuntansi" biar ga terlalu ribet gitu.
Padahal waktu ikut mata kuliah sistem informasi akuntansi semester kemarin gw yang males-malesan gitu hahahaha eh... sekarang gw malah bikin skripsi tentang itu. Yach harus deketin si dosen lagi dunk biar bisa bantu dalam proses pengerjaan skripsi gw "pa dosen bantuin ya :p, biar skripsi saya bisa selesai tepat waktu dan ga molor :P” (sambil ngedipin mata ke sang dosen ting..ting..ting...)
Alasan kenapa gw pilih tema tentang “Sistem Informasi Akuntansi” Klo menurut gw kan sistem informasi akuntansi itu lebih kepada proses dan alurnya, bagaimana dalam suatu perusahaan itu menjalani sebuah sistem sehingga dapat mempermudah dalam proses pencarian dan pembuatan laporan, nah itu yang gw mo ulas lebih lanjut. Apakah sistem yang dijalankan sudah sesuai prosedur SOP yang ada dan sesuai dengan teoritis yang gw baca di buku dan diberikan sang dosen atau ga.
Alasannya keduanya sih klise, biar ga terlalu banyak hitungannya wkwkwkwk anak akuntansi kok males ngitung :p
Bukannya gitu sih, tapi ya gw mikir pasti akan lebih puyeng kalo skripsi gw dijejelin sama hitung-hitungan. Masa di kantor ngitung, skripsi juga itung-itungan hufttt mo cari yang lebih beda kali ya (alasan :p)
Walau sebenernya sempet terbersit dalam pikiran gw klo ambil skripsi dengan angka itu lebih gampang karena logikanya angka-angka yang tertera adalah ilmu pasti jadi udah pasti bener (asal ga salah rumus aja) hehehehe tapi setelah dipikir-pikir tetep aja bikin puyeng huffttt.
So gw pilih tema SIA karena menurut gw penalaran dan pengembangan materi dengan metode deskriptif akan jauh lebih mudah (bagi gw).
Hmmm jadi inget tugas akhir DIII gw, yang juga mengambil tema yang ga jauh dari itu meski beda jalur, klo dulu gw lebih ke manajemen jadi lebih ke prosedurnya dan sama sekali ga ada itungannya, bener-bener full deskriptif tapi klo sekarang meskipun dengan metode deskriptif dan sama-sama menjelaskan sistem prosedur tetep aja harus ada itung-itungannya walaupun sedikit ya minimal nyerempet ke itung-itungan lah hehehehe.
Tema dah ditentuin tinggal cari judul dan variabel yang berkaitan dengan tema yang ingin gw ambil, biasanya sih untuk skripsi dipakai minimal dua variabel.
Searching di mbah google akhirnya gw mendapatakan beberapa alternatif judul, tinggal pilih mana yang kira-kira lebih enak diambil sebagai bahan skripsi coz gw juga harus mempertimbangkan data yang gw punya dari perusahaan.
Setelah bingung pilih judul skripsi yang ya ampun....cukup njelimet akhirnya nemu juga judul skripsi yang sesuai sama minat dan data yang ada.
Taaraaaaa.......







Tidak ada komentar:

Posting Komentar