Subscribe:

Jumat, 01 April 2011

nostaGILA kerjaan yang bikin gila

Waktu masih sekolah gw pernah bercita-cita nanti pada saat gw dah lulus sekolah gw ingin kerja sambil kuliah. Namanya juga cita-cita alias keinginan alias harapan alias mimpi masa depan bisa terwujud bisa juga ga.

Seperti dalam postingan sebelumnya yang menjelaskan klo gw lulus sekolah di usia yang masih belia padahal dulu gw kepengen banget tuh kerja sambil kuliah dan gw selalu beranggapan orang yang bisa kerja sambil kuliah tiu keren banget hahahahaha tapi ternyata gw belum mampu untuk itu so.. ya sudahlah.

Meski cita-cita kuliah sambil kerja sempet ga kesampean namun gw pernah punya beberapa pengalaman kerja hmmm lebih tepatnya sih "jajal" kerja karena menurut gw itu ga kerja beneran

pengalaman pertama gw kerja  saat  liburan semester dua pas kuliah, gw pernah nyobain kerja di salah satu kantor temen gw, cuma sebagai marketing kartu kredit sih, tapi lumayan untuk membunuh waktu luang  libur semester genap yang lebih dari dua bulan, dari pada gw bengong dirumah akhirnya gw ikutan temen gw kerja. pertama kerja gw baru merasakan "oohhhh ini toh rasanya kerja"

tapi ya gitu karena niatnya cuma coba-coba, dan ternyata gw ga suka sama kerjaannya gw pun berenti setelah sebulan lebih disana, alasanya sih klise pertama karena gajinya ga sesuai yang kedua gw ngerasa ga bakat jadi marketing yang merayu orang untuk memakai kartu kredit huuuffttt "bukan gw banget" gw pun keluar dan melanjutkan kuliah gw lagi seperti biasa.

liburan semester empat gw magang di salah satu KPP di Jakarta, klo yang ini karena keharusan dari kampus untuk bahan studi tugas akhir gw, disana ya gitu deh namanya juga kantor pemerintah terlalu banyak orang tapi kerjaannya ga terlalu banyak, lebih banyak bengongnya sih klo menurut gw :) tapi ya lumayan untuk nambah pengalaman

ga puas cuma magang di sana, gw juga magang di salah satu kantor di kawasan sudirman, perusahaaannya bisa dibilang perusahaan yang cukup besar dan terkenal, disana gw ditempatkan di bagian CHRD khususnya di bagian diklat alias pendidikan dan latihan khusus untuk karyawan.

Usai lulus kuliah gw sibuk mencari kerja, ya meski belum ada ijasah dan masih pakai surat lulus sementara, gw optimis dengan melamar kesana kesini. Untungnya keluarga ga terlalu mempermasalahkan karena gw blm juga dapet kerja namun tetep mensupport

setelah wara wiri ngasih surat lamaran gw pun dipanggil di beberapa kantor, salah satu yang gw datangi itu di daerah fatmawati, gw inget banget tuh waktu pertama kali di interview gw ditanyain sama yang wawancara gw "kegiatan kamu setelah lulus apa?" dan dengan polosnya gw bilang "nyari kerjaan pak" hehehehe, dia sampe senyam senyum sendiri denger jawaban gw. lho bener kan jawaban gw, emang kegiatan utama gw setelah lulus kuliah itu adalah nyari kerja :p

entah kebetulan atau emang faktor keberutungan salah satu orang dalam disana juga satu almamater sama gw jadi ya gw bisa diterima disana dan bekerja disana kurang lebih........SATU HARI wkwkwkwkwwk ini adalah pekerjaan kilat yang pernah gw jalani.

alasan gw keluar dari sana karena kerjaannya ga jelas prospeknya sama kayak kerjaan pertama yang pernah gw jalani dan nyokap kurang setuju dengan pekerjaan itu hmmm gw sempet ngambek sama nyokap saat itu coz gw ngerasa gw dah susah susah nyari kerja tapi sekalinya diterima malah disuruh lepas, tapi ya mo gimana lagi restu orang tua juga penting cieelah...

untungnya kesedihan gw ga berlarut larut karena keesokan harinya gw mendapat kabar kalo gw diterima kerja di salah satu butik di daerah kemang. rejeki emang ga kemana.

Dulu gw pernah berharap jika suatu saat nanti gw kerja, gw pengen dapat kerjaan yang ada seragamnya biar ga bingung cari pakaian kerja, kan enak tuh dari rumah bisa pake jeans dan kaos :P dan alhamdulillah harapan gw terkabul.

kerja disini lumayan enak, karena serasa ga kerja, bisa dibilang cukup nyantai. Masuk kerja jam sembilan pulang jam tiga. Gw bisa berangkat bareng bokap gw dan pulang pun biasanya dijemput sama bokap hehehehee *anak babe banget yaks * ditempat ini gw belajar cara menghadapi banyak orang, maklum lah setiap hari pasti bertemu dengan orang yang berbeda dengan karakter yang berbeda pula dan belajar tentang fashion. Jujur aja gw bukanlah orang yagn terlalu ngikutin fashion tapi karena kerja disini gw jadi di tuntut untuk mengerti dan update tentang fashion.

hehehehe malah nih ya saking ga ada kerjaannya gw sama temen-temen gw sering foto-foto bareng *emang dasarnya dah narsis kali ya* begaya ala model dengan memakai baju yang ada di butik *hahaha yg ini jangan ditiru ya* biasanya sih yang jadi model adalah temen gw sedangkan gw lebih suka dan kayaknya lebih bakat jadi pengarah gaya dan fotografernya dia
ini dia salah satu karya gw
gimana bagus kan?????klo lagi makan siang nih, kita biasa makan bareng di teras belakang sambil nyanyi nyanyi ga jelas dengan aqua galon sebagai gendangnya hadoohhhh kacau bener dah tapi seruuuu
dan kalo malam kita suka main kartu tabok nyamuk atau trurt or dare hmmm pokoknya gw kangen masa-masa itu hiks hiks hiks

karena jenuh dengan pekerjaan yang (sepertinya) begitu-begitu saja dan gw merasa ga berkembang disana gw pun mulai mencari pekerjaan yang lain.

untungnya dulu gw yang bikin absen jadi cincai lah klo mo izin hehehehehehe sambil ngelamar kesana kesini, interview disana interview disini

akhirnya gw diterima kerja di salah satu kantor di kawasan sudirman alhamdulillah. Percaya ga?? bila kita meminta dengan sungguh-sungguh dan percaya Allah mendengar doa kita insya Allah doa kita akan dikabulkan. Gw percaya itu

Gw pernah berharap dan berdoa agar gw bisa bekerja didaerah sini, tahu kan prestise orang yang kerja didaerah segitiga emas ini cukup tinggi dan alhamdulillah nya lagi ternyata kantornya deket dengan kantor bokap gw cuma beda gedung aja, jadi hampir tiap hari gw nebeng ma bokap heheheh *lopyu pah
sayangnya di kantor ini tidak senyaman tempat kerja gw yang dulu, karena si bos yang rada-rada error walhasil sudah banyak alumni kantor sini yang pada lulus alias banyak karaywan yang ga betah hingga memutuskan untuk resign. percaya ga percaya hampir tiap bulan dikantor menerima karyawan baru karena karyawan memilih kabur dari kantor ini.

enaknya disini gw bisa belajar banyak, baik itu dari segi kerjaan yang sebelumnya ga pernah gw jalani, belajar tabah menghadapi sifat orang yang sebenernya ga kita suka, gw sering menangis di kantor yang ini karena ga tahan dengan semuanya tapi gw sadar gw yang memilih kantor ini, dan gw ga berhak mempertanyakan pada Tuhan kenapa gw bisa diberikan cobaan dikantor ini dan gw pun berusaha tabah sambil mencari-cari kerjaan yang lain.
Sampai akhirnya karena ga tahan juga akhirnya gw pun memutuskan untuk resign padahal waktu itu gw belum dpaat kerjaan pengganti. tapi apa daya, daripada gw harus makan hati dan nangis terus di kantor, oiya meskipun dikantor ini bos nya cukup error tapi temen-temennya asik asik lho mungkin karena merasa senasib dan sepenanggungan hehehehehe dan salah satu alasan inilah yang membuat gw bertahan.
biasanya kita suka kumpul di tangga darurat untuk makan siang bareng atau sekedar curhat dan sharing, maklum klo urusan diomelin si bos, semua rata tanpa syarat dari mulai OB sampai manajer semua pasti pernah ngerasain hehehehehe.

awalnya gw sempet ragu dan bingung untuk keluar dari kantor itu, maklum gw belum dapat kerjaan pengganti, lagipula apa kata keluarga gw klo tiba-tiba gw keluar, tapi karena ga tahan gw pun menceritakan dan menumpahkan isi hati gw ke nyokap selepas sholat subuh bareng, disitu gw nangis sejadi-jadinya menceritakan kegundahan, ketakutan dan keinginan gw untuk resign dan gw sangat bersyukur karena nyokap sangat mendukung gw dan ga menyalahkan gw atas keputusan gw untuk resign *klo inget kejadian itu saat gw nangis berdua sama nyokap sambil curhat gw jadi mo nangis lagi-kebetulan saat itu bokap gw lagi keluar kota jadi gw ga bisa minta pendapat dia.
atas izin dari nyokap gw pun membuat surat resign, sialnya gw harus nunggu sampai satu bulan kedepan sambil nunggu pengganti, karena kerjaan gw yang ga bsia ditinggal gitu aja yagn jelas gw cukup lega karena satu bulan kedepan gw dah bisa bebas dari "neraka dunia" itu.
gw pun berstatus sebagai pengangguran setelah itu, dan karena belum juga ada kerjaan yang cocok gw akhirnya ambil kursus software accounting.

rasanya ada yang aneh ketika gw seharian dirumah hanya nonton tv dan tidur merasa seperti ga berguna aja, sedih banget, untungnya keluarga gw khususnya nyokap mensupport gw, hingga akhirnya gw meminta untuk melanjutkan kuliah, daripada bengong dirumah. dan bokap pun setuju.
sambil nyari tempat kuliah yang stategis gw pun masih berusaha interview di beberapa tempat, salah satunya di daerah cilandak, deket rumah gw.

alhamdulillah lewat beberapa test dan wawancara gw pun diterima disana, tapi lagi-lagi gw harus resign dan hanya bertahan SEMINGGU karena dikantor itu diharuskan ijasah asli ditahan, lha gw kan niat kerja disitu sementara sambil nanti cari-cari kerja lagi yang lebih baik trus nanti klo gw dapat kerja yagn lebih baik dan ijasah gw ga dibalikin gimana??? coz dah banyak kasus kayak gitu kalaupun ijasah mo cepet dibalikin harus menyertakan sejumlah uang. Setelah konsultasi dengan bokap dan dengan izinnya gw pun memilih mundur dari pada nanti belakangan terjadi hal-hal yagn tidak diinginkan. Sempet kaget manajer yang disana saat tahu gw mo kelaur secara dia yang memilih gw dari sekian banyak kandidat yann ada, dan meskipun dia membujuk untuk tetap bertahan namun karena presyaratan utama tetep ijasah ditahan gw pun menolak.
Usai keluar dari situ gw sms an sama temen kuliah gw yang dulu, seperti kata pepatah "pucuk dicinta ulam tiba" ternyata temen gw lagi nyari orang untuk gantiin tugas dia dikantornya jadilah gw janjian sama temen gw di kantornya di daerah sudirman.
Sehari disana gw mempelajari kerjaan dia nah pada saat itulah gw ketemu dengan seseorang yang juga lagi nyari orang untuk menggantikan posisinya dikantornya, gayung pun bersambut gw menerima tawaran dia untuk mencoba melihat ke kantornya di daerah pancoran tebet, gw sampai bolos kuliah saat kesana dan dengan sangat berat hati gw tolak tawaran temen gw untuk gantiin dia.
"Tuhan selalu memberikan sesuatu disaat dan waktu yang ga terduga"
"Tuhan selalu mendengar doa kita"
"Tuhan memberikan sesuatu disaat yang paling tepat"
mungkin itulah istilah yang pas, disaat gw bener-bener dah diambang putus asa mencari kerja Tuhan memberikan gw kerjaan.
Pada saat gw datang ke kantor ini gw ga nyangka kalo pada saat iutlah gw langsung diterima dan bekerja, kantornya cukup nyaman, dengan segala fasilitas ruangan kerja yang cukup lengkap. Bayangkan saja diruangan ini gw cuma berdua. Selain diberikan komputer masing-masing gw juga punya printer khusus untuk gw sendiri, berikut mesin fax dan foto copy.
meskipun banyak yang bialgn si bos rada galak, tapi menurut gw dia adalah sosok yann baik, ya setidaknya lebih baik daripada bos yang rada eroor terdahulu, mungkin karena dah biasa ngadepin orang kayak dia berbekal pengalaman dari kantor yang dulu, gw juga ga terlalu syok ngadepinnya. Paling ga klo si bos lagi marah, gw cukup mendengarkan dan mengiyakan karena pada dasarnya bos itu ga mau dibantah dan pasal-pasal kepemimpinan di semua kantor itu berlaku yaitu : "pasal pertama bos ga pernah salah dan pasal kedua bila bos salah liathat pasal pertama". Jadi daripada berurusan panajang karena berdebat dengan bos gw lebih memilih untuk diam dan menjadi pendengar yang baik ketika dia marah, setelah dia udah agak reda baru dah diomongin lagi dengan baik-baik, jadi ga menimbulkan konflik yang berkepanjangan. Mungkin ini adalah salah satu hikmah gw bekerja dengan bos error di kantor yang dulu, jadi bisa lebih sabar menghadapi sifat2 bos yang kayak gitu ^_^ "SELALU ADA HIKMAH DIBALIK COBAAN"
Gw makin terlena dengan kerjaan gw disini, gimana ga?, disini gw bebas berakses internet sepanjang jam kerja *bila ga ada bos ya* bahkan disaat kerjaan gw numpuk dan bikin kepala gw pusing tujuh kelliling gw melarikan diri ke internet untuk berchating ria dengan teman-teman gw di dunia maya. "MAKAN GAJI BUTA?" ga juga ach...gw selalu berusaha mengerjakan tugas gw tepat waktu bahkan kalo bisa sebelum waktu yang ditentukan biar setelah itu gw bisa bebas main. Memang kadang internet bisa mengusir kejenuhan yang ada.
Sekarang gw diruangan sendiri karena temen seruangan gw udah resign. Ups... salah deh gw ga sendiri karena si bos juga kadang nongkrong diruangan gw untuk sekedar ngecek email, main games, ataupun untuk ketemu dengna temen-temennya. Emang sih dibandingin sama ruangan lainnya di gedung ini, bisa dibilang ruangan gw termasuk paling besar. Gw jadi satu ruangan dengan si bos dan ada ruang tamu kecil untuk si bos ngobrol dengan kliennya klo lagi malas di ruang meeting.
Si bos emang jarang stay dikantor paling dia ke kantor pagi tapi siangnya dah keluar utnuk meeting dengan klien dan tinggallah gw diruangan sendiri makin terlena dengan internet.
Oiya berhubung bos gw ini adalah anak dari pemilik perusahaan dan cukup di takuti (bukan disegani ya) jadi ya mau ga mau imbasnya juga ke gw.
Awalnya gw disitu sebagai sekretaris yang merangkap sebagai accounting untuk mengecek laporan dari kantor cabang, Ya memang disini kantor pusat sedangkan cabang berada di Bali, jadi ya gw hanya sebagai penghubung kalo kantor Bali mo minta uang dan meminta tanda tangan si bos sekaligus memeriksa laporan cash flow cabang Bali dan membayarkan segala keperluan pribadi bos gw baik itu kartu kredit, KTA, internet rumah dan sebagainya. Juga sesekali mengurus tiket pesawat & hotel kalo si bos mo pergi ke luar kota.
Belakangan gw diperbantukan untuk ngurus laporan kantor pusat maklum karena disini tuh perusahaan keluarga dan dengan beberapa anak perusahaan.

Gw pun diperbantukan mengurus laporan salah satu anak perusahaan lainnya, gw sih nyantai saja selama itu ga ganggu kerjaan utama gw, dan selagi gw bisa bantu kenapa ga? toh gw juga ngerasa kok klo kerjaan gw emang ga terlalu banyak disini.
Berawal dari cuma periksa cashflow pengeluaran, lalu buat jurnal lama-lama data entry hingga akhirnya semau laporan hingga menjadi laporan  keuangan lengkap kantor pusat gw sajikan. Berawal niat cuma diperbantukan jadi keterusan gw yang ngerjain semua.
Hehehehehe tapi toh alhamdulillah semua kerjaan itu selesai bahkan gw masih sempet online *khususnya klo si bos ga ada*
Oiya akhirnya gw kuliah sambil kerja, dan kebetulan hampir 70% temen gw juga melakukan rutinitas yang sama jadi ya kadang kami bertukar tugas atau lebih tepatnya gw nyontek tugas kuliah dan mendistribusikannya secara online entah itu via facebook, ym, maupun milis yang lain hehehe. Dan beruntungnya gw karena letak kampus yang ga terlalu jauh sama kantor.


Yang pasti bukan hanya ilmu dan pengalaman saja yang gw dapat tapi juga teman yang beraneka ragam profesi selama gw menjajal bekerja di beberapa perusahaan yang berbeda bidang usaha. Tentunya pelajaran hidup yang tidak gw daatkan di bangku kuliah gw banyak dapatkan di tempat kerja.

Susah senang, manis pahit gw rasakan meski beberapa tempat kerja singkat :p tapi cukup tahu gimana kondisi di bidang usaha itu.

Gw berharap suatu saat nanti gw juga bisa membantu orang lain dengan membuka lapangan usaha sendiri. Dimulai dari yang kecil, dimuai dari diri sendiri, berbekal pengalaman dan pelajaran, gw yakin suatu saat nanti bisa terwujud . Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar